Sosdiklih #6 Ajak Masyarakat Bali Agung Wujudkan Dari Bawah Negara Kuat Tanpa Politik Uang

0
51

PALAS ~ Sabtu, (25/09/2021) Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Lampung Selatan, melakukan sosialisasi terkait partisipasi masyarakat dalam pemilihan, dengan tingkat partisipasi rendah di Desa Bali Agung, Kecamatan Palas.

Sosialisasi dengan tema Dari bawah Negara Kuat Tanpa Politik Uang digelar di Balaidesa Desa Baliagung Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, bersama narasumber, Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Lampung Selatan Irsan Didi dan Ketua Sekolah tinggi Ilmu Hukum ( STIH) Muhammadiyah Kalianda Muhtadi, S.H., M.H. Hadir pula dalam kegiatan tersebut kepala Desa Bali Agung, Made Swisnu Ngabdi serta para pemangku adat, pendeta, parisade, ketua Banjar dan aparat desa Bali Agung.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Lamsel Irsan Didi, dalam memberikan pemaparan saat sosialisasi ini berharap partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara saat Pemilu dan Pemilihan maupun dalam pilkades menjadi pemilih yang cerdas dan meningkat.

“Jangan politik wani piro, sebab pribahasa itu pembodohan masyarakat sendiri jangan mudah masyarakat untuk di jadikan modus operandi oleh segelintir orang yang mempunyai ambisi menjadi pemimpin, sebab mereka akan menghalalkan semua cara untuk terkabulnya ambisinya, Jelas Irsan

Selanjutnya dalam pemaparanya menjelaskan dalam pemilu tahun 2020 ini ada beberapa desa yang mempunyai parti siapasi rendah diantaranya:
Kecamatan Way Panji Desa Bali Nuraga partisipasi 50,07%
Kecamatan Palas Desa Baliagung partisipasi 57,99%
Kecamatan Sidomulyo Desa Sidomulyo partisipasi 53,22
Kecamatan Sragi Desa Sumber Agung tingkat partisipasi 52,57%
Kecamatan Ketapang Desa Sumbernadi partisipasi 68,80% Desa Tri darnayoga 71,30% Desa Sidolulur 72,10%.

Dia juga mengajak khususnya warga Desa Bali Agung untuk bisa menambah partisipasi untuk pemilihan yang akan datang karna desa Bali Agung masih rendah dalam partisipasintya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Bali Agung Made Swisnu Ngabdi menyambut baik dengan diadakannya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Sebab desa Bali Agung partisipasi masih rendah.

” Harapan saya masyarakat bisa cerdas menyingkapai apapun bentuk modus operandinya, jangan sampai masyarakat hanya di jadikan alat untuk mendulang suara besar akhirnya masyarakat rugi sendiri” tuturnya

Irsan Didi yang merupakan komisioner KPU Kabupaten Lampung Selatan hasil PAW yang belum genap satu tahun menjabat langsung tancap gas memberikan sosialisasi di wilayah -wilayah dengan partisipasi pemilih rendah. Sesuai jabatan sebagai Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan.