Sosdiklih #2 KPU Lampung Selatan Ajak Pemuda Lawan Hoax dan Isu SARA

0
26

Tanjung Bintang – KPU Lampung Selatan kembali melakukan Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) pada Selasa (24/8) siang. Kegiatan dipusatkan di aula Balai Desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang dengan mengusung tema “Peranan Pemuda dalam Melawan Hoax dan Isu Sara di Penyelenggaraan Pemilu”

Komisioner KPU Lampung Selatan Hendra Apriansyah,S.E hadir didampingi oleh Kasubbag Teknis & Hupmas Syamsul Bahri, S.E. berserta staf. dalam sambutannya ia mengajak para pemuda untuk ikut aktif berperan melawan isu SARA dan Hoax.

“Kita semua disini adalah generasi milenial yang harus cerdas memilah informasi, termasuk pada saat Pemilu akan sangat banyak berita HOAX dan isu suku, ras, agama, dan isu-isu terkait golongan tertentu yang harus kita saring dan pilah. Kita harus benar-benar cerdas dan turut berpartisipasi mencerdaskan masyarakat melawan isu-isu dan berita tidak benar tadi” ungkapnya.

Pada Agenda sosialisasi kali ini KPU Lampung Selatan menghadirkan tokoh Pemuda Lampung Selatan sebagai Narasumber sekaligus motivator yaitu Baiquni Aka Sanjaya, S.T. M.T. yang juga merupakan Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Lampung Selatan.

Baiquni dalam kesempatan tersebut mengajak peserta Sosialisasi yang sebagian besar adalah Pemuda untuk ikut serta membangun masyarakat yang cerdas.

Peran serta yang dapat dilakukan oleh Pemuda yang pertama adalah mengajak masyarakat agar menciptakan situasi yang aman, damai, dan harmonis, terutama pada tahun politik. yang kedua adalah turut berupaya membangun suasana Pemilu yang mencerdaskan masyarakat dengan bersandarkan pada Nilai-nilai Demokrasi Pancasila, yang ketiga sebagai pemuda harus memiliki komitmen mensosialisasikan kepada masyarakat agar menggunakan hak-hak politiknya secara dewasa dan bertanggungjwab, dan yang terakhir pemuda juga dapat berperan untuk menghimbau agar para elit politik mennalani kompetisi Pemilu secara sehat dan mengedepankan etika, moral, dan nilai-nilai kebangsaan sehingga kerukunan dan kedamaian tetap terjada” jelasnya.

Mari Sukseskan demokrasi tanpa terprovokasi, agar bisa berjalan dengan aman dan damai. Memilih Pemimpin sesuai dengan hati nurani kita tanpa terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat menciptakan keresahan dan berdampak pada perpecahan” pungkas Baiquni.

Kegiatan Sosdiklih ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sosdiklih yang diselenggarakan oleh KPU Lampung Selatan menjalankan surat dinas KPU RI perihal Fasilitasi Pendidikan Pemilih Tahun 2021.