Persiapan Pencalonan, KPU Kab. Lam-Sel adakan Rakor Pencalonan

0
23

KALIANDA (kpu-kab.lampungselatan.go.id) KPU Kab. Lampung Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Lampung Selatan 2020, bertempat di Aula Negeri Baru dan Resort, Jumat, (28/08/2020).

Pada Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi, Forkopimda Kab. Lampung Selatan, Kapolres Lampung Selatan yang diwakili oleh Kasat Intel Polres Lampung Selatan Iptu Andi Yunara, S.H,M.H., dan Kabag OPS Polres Lamsel AKP Oscar, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kalianda, Pengadilan Negeri Kalianda, Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Kabag Tata Pemerintahan M. Ali, dan Perwakilan Dinas Pendidikan Kab. Lampung Selatan, Serta Pimpinan Partai Politik.

Rakor dibuka Ketua KPU Kab. Lampung Selatan Ansurasta Razak, S.E , serta dihadiri Anggota KPU Kab. Lampung Selatan, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hendra Apriansyah,S.E, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Mislamuddin, S.Pd.M.Pd, Ketua Divisi Program, Data dan Informasi, Asma Emilia,S.E.

Dalam sambutanya ketua KPU Kab. Lampung Selatan mengatakan kegiatan rapat koordinasi ini dalam rangka menyamakan persepsi antara Penyelenggara Pemilu, peserta pemilu serta stakeholder terkait untuk satu pemikiran yang sama, agar tidak ada perbedaan pendapat dalam sebuah aturan.

“kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi kita, agar tidak ada perbedaan pendapat dalam memahami aturan – aturan yang ada, terutama terkait tahapan pilkada tahun ini salah satunya yaitu tahapan pendaftaran calon,” tukas ansurasta.

Selanjutnya dalam acara tersebut Hendra Apriansyah, S.E selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Mengatakan sudah kewajiban KPU selaku penyelenggara bisa menyelenggarakan kegiatan pilkada ini agar dapat berjalan lancar di semua tahapan pilkada pada tahun 2020.

“ sudah menjadi kewajiban kami selaku penyelenggara Pilkada, dalam menyelenggarakan pilkada ditahun ini agar dapat berjalan dengan lancar, dan menjalankanya sesuai dengan aturan yang ada” ujar hendra.

Pada kesempatan yang sama, Mislamuddin, S.Pd.M.Pd selaku ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kab. Lampung Selatan mengatakan di dalam pendaftaran calon yang harus diperhatikan yaitu terkait syarat calon dan syarat pencalonan yang semuanya sudah diatur di dalam PKPU No. 1 Tahun 2020.

“ untuk Pendaftaran Pasangan Calon sudah kita umumkan per hari ini di website KPU Kab. Lampung Selatan maupun media social KPU Kab. Lampung selatan, tentu yang harus diperhatikan adalah terkait syarat calon dan syarat pencalonan yang semuanya sudah diatur di dalam PKPU No. 1 Tahun 2020” ujar mislam.

Dalam kesempatan tersebut juga di lakukan sesi Tanya jawab Dan memberikan masukan dari berbagai pihak yang hadir pada acara tersebut. Salah satunya yaitu dari Kabag OPS Polres Lampung Selatan AKP Oscar yang mengatakan bahwa aparat kepolisian pada dasarnya siap menjaga dan mengawal keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pilkada tahun ini agar berjalan lancar, aman dan kondusif serta sesuai dengan harapan kita bersama.

“kami dari polres lampung selatan siap menjaga dan mengawal proses tahapan pilkada tahun ini agar berjalan lancar dan aman dan kondusif, sesuai dengan aturan yang ada” ujar AKP Oscar selaku kabag OPS Polres Lampung Selatan.