KPU Kab. Lampung Selatan Sosialisasikan PKPU Nomor 5 Tahun 2020

0
139

KALIANDA (kpu-lampungselatan.go.id). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Lampung Selatan menggelar sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan wakil walikota tahun 2020.

Ketua KPU dalam acara pembukaan menjelaskan, bahwa perubahan tahapan pemilihan, harus disosialisasikan kepada semua pihak, Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 terkait tahapan, program dan jadwal Pemilihan, mengalami perubahan, pelaksanaan semula 23 September 2020, menjadi tanggal 9 desember 2020. KPU Lampung selatan juga sudah memulai tahapan sejak 15 Juni 2020 dengan di aktifkan PPK dan Pelantikan PPS. kegiatan sosialisasi KPU, selalu mengunakan standar protokol kesehatan.

Pada Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan di aula STIH muhammadiyah dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Selatan, Drs. Mukhlisin Ilyas,
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil eddy firnandi, Kapolres Lampung Selatan yang diwakili oleh Kasat Intel Polres Lampung Selatan Iptu Andi Yunara, S.H,M.H.,
Anggota Bawaslu Lampung Selatan Fahrurrozi, S.E, Ketua STIH Muhammadiyah Kalianda Subagyo, S.H.M.H, Ketua STIE Muhammadiyah Kalianda Chotimatuzzahra, S.E.M.M, Ketua STAI YASBA Drs. Yakub Yuhira, M.Pd, Pimpinan Partai Politik, Ketua GP Ansor Arif Rahman Hakim, Serta perwakilan dari karang taruna Kab. Lampung Selatan
“Maka langkah awal yang dilakukan KPU Kab. Lampung Selatan adalah dengan mengundang stakeholder, Bawaslu, Pemerintah Daerah, Polres, Kodim, pimpinan Partai Politik, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan Akademisi untuk dapat mengetahui bahwa tahapan ini sudah di gaungkan dan ditetapkan serta harus dilakukan sosialisasi terkait tahapan pilkada tahun ini”, ungkapnya.
Lanjutnya, Pelaksanaan pencoblosan nantinya akan berbeda, Protokol kesehatan akan tetap dilakukan dan APD juga nantinya disiapkan.
“ Yang kita harapkan peran serta semuanya, karena pelaksanaan Pilkada ini milik kita bersama. KPU sebagai institusi atau lembaga penyelenggara hanya melaksanakan dan menjalankan”, ujar ansurasta
Lanjutnya, KPU Kab. Lampung Selatan berharap, Partisipasi dari semua, Baik itu Pemerintah Daerah, TNI, Polri, partai politik, Akademisi, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan rekan penyelenggara Lembaga Bawaslu untuk sama-sama bergandeng tangan mensukseskan Pilkada ini.
” Kami tetap optimis dan siap menjalankan tahapan pilkada tepat pada tanggal 9 Desember 2020 nanti apapun keadaan dan kondisinya. Kita berharap pelaksanaan pilkada di bulan desember di Kab. Lampung Selatan berjalan sukses dan lancar”, tandas Ansurasta.

Pada kesempatan tersebut, pertanyaan dari beberapa peserta sosialisasi salah satunya terkait Covid – 19, salah satunya Ketua PD Muhammadiyah Drs. H Mukhlisin Ilyas yang menyampaikan bahwa seluruh penyelenggara dari tingkatan baik KPU sampai KPPS wajib dilakukan Rapid Tes untuk menghindari penyebaran Covid 19. perwakilan dari partai politik, yang menanyakan jadwal, mekanisme kampanye serta aturan kampanye tatap muka dan pertemuan terbatas.

“terkait dengan Rapid test masal untuk penyelenggara tentu kita nanti akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan menunggu arahan dari KPU RI terkait rapid test,pendaftaran calon dimulai pada 4 – 6 September 2020, dan penetapan Pasangan Calon (Paslon) pada tanggal 23 September 2020, kampanye selama 71 hari yang akan dimulai 26 September sampai dengan 5 desember 2020.